Kamis, 04 Maret 2021

Hari Kedua Puluh Empat "Amanah Terindah"


 Oleh: Iqbal Maulana

Awan sendu mengiringi langkah Reza menuju tempat kerja.
Bersujud memohon ilham yang diturunkan oleh Sang Pencipta.
Menahan rindu, mencari ilmu.
Awan kelabu, sampaikanlah salam rinduku untuk dia nan jauh di sana.

Hari ini adalah hari kedua puluh empat. Reza berazam untuk melaksanakan salat tasbih dengan istikamah selama 40 hari.

Hari yang cukup melelahkan bagi Reza, sebab pada hari ini Reza diberikan banyak tugas oleh atasannya di kantor.

Bagi Reza suatu tugas akan dapat terlaksana dengan baik, jika kita mau berusaha dan mencoba. Hal apapun jika tidak didasarkan kepada kerja keras dan kesungguhan, maka sulit untuk mencapai keberhasilan. Sebab, Keberhasilan ditentukan oleh tekad dan ketekunan yang kuat.

Amanah adalah salah satu sifat mulia yang ada pada diri Rasulullah SAW. Sifat ini adalah berhubungan dengan sikap mengemban tugas dengan baik yang diberikan kepadanya, yaitu berupa kepercayaan dan tanggung jawab.

Arti amanah itu sendiri menurut KBBI adalah suatu hal yang diberikan dari seseorang kepada orang lain. Hal tersebut bisa berupa barang, kepercayaan dan tanggung jawab.

kita dapat mengklasifikasikan amanah ke dalam beberapa aspek, di antaranya adalah aspek jiwa, raga dan jasa.

Reza adalah orang yang selalu memegang teguh amanah dengan baik. Melaksanakan segala tugas dan tanggung jawab dengan penuh kesungguhan dan kehati-hatian agar menjadi orang yang dapat dipercaya. Hal tersebut sesuai dengan sifat yang ada pada diri Rasulullah SAW.

Reza ingat satu kisah Rasulullah yang kala itu diberikan amanah oleh kaum kafir Quraisy dan Nasrani ketika ingin memindahkan batu Hajar Aswad ke tempat semula. Rasul Nabi Muhammad SAW melakukannya dengan penuh bijaksana dalam mengambil sebuah keputusan, sehingga pada akhirnya beliau mengambil kebijakan bahwa semua berhak untuk memindahkan batu tersebut ke tempat semula.  Masing-masing kaum memiliki hak untuk memegang satu helai kain putih untuk bersama-sama mengangkat batu Hajar Aswad, sehingga setiap kaum memiliki kesempatan yang sama dalam  memindahkan batu Hajar Aswad ke tempat semula.

Reza mendapat amanah dari orang tuanya untuk mencari pasangan hidup yang baik, yang sayang sama Reza dan sayang kepada ibunda Reza. Reza diberikan kebebasan memilih dengan syarat hal tersebut. Reza berusaha agar ia mampu melaksanakan amanah yang diberikan oleh ibundanya. Reza tidak ingin mengecewakannya. Reza juga tidak ingin menyesal dan salah pilih dalam menentukan jodoh terbaiknya.

Oleh karena itu Reza selalu berusaha dan berdoa agar dipertemukan dengan jodoh terbaiknya yang diciptakan Allah untuk Reza.

Wallahu'alam Bishowab

0 komentar:

Posting Komentar