Selasa, 02 Maret 2021

Hari Kedua Puluh Dua "Datang Silih Berganti"


 Oleh: Iqbal Maulana

Hari ini entah kenapa Reza merasa bersedih dan merasakan hal yang tidak biasa. mulai dari malam hari ketika terlelap tidur, Reza mengalami mimpi buruk yang membangunkan tidurnya seketika. Ketika dilihat jam menunjukkan pukul 03.20 WIB.

Dua puluh satu hari sudah terlewati Reza melakukan salat tasbih. Namun belum terlihat tanda-tanda dipertemukannya dengan jodoh tersebut.

Hal itu tidak membuat Reza berputus asa, akan tetapi Reza memahami bahwa mungkin Allah lebih tahu apa yang terbaik untuk Reza. Reza berhusnudzan bahwa kemungkinan Reza belum siap untuk menanggung tanggung jawab sebagai seorang imam atau Reza menyadari kurangnya ilmu sehingga ia meski banyak belajar lagi tentang cara membina rumah tangga yang baik, untuk mencapai satu tujuan yaitu surga-Nya.

Menikah adalah satu ibadah yang diwajibkan bagi laki-laki/perempuan untuk memenuhi sunnah Nabi SAW dan untuk saling melengkapi satu sama lain. melakukan hak dan kewajiban antara suami isteri, dan ibadah-ibadah lainnya yang telah disyariatkan agama. 

Reza melakukan introfeksi diri, dan tidak langsung berprasagka buruk terhadap takdir yang Allah berikan kepadanya.  Reza terus istikamah memperbaiki diri dan banyak belajar hal berumah tangga dari seorang teman, kerabat dan orang tua.

Menikah adalah melakukan suatu ikrar suci, untuk mengarungi bahtera rumah tangga yang penuh dengan badai dan topan, ombak dan petir. Oleh karenanya diperlukan kedewasaan untuk dapat melaksanakannya dengan baik.

Menikah adalah peristiwa yang dilakukan satu kali dalam seumur hidup, walaupun di dalam agama diperbolehkan empat kali menikah bagi seorang laki-laki, dengan syarat harus Adil. Oleh karenanya setiap laki-laki harus berhati-hati dalam memilih perempuan yang akan dijadikan sebagai makmumnya. Tidak sembarangan memilih, harus mengikuti aturan Nabi Muhammad SAW yang telah dibahas di bab sebelumnya.

Reza berpikir keras apa penyebab yang membuat ia terhalang dengan jodohnya. apakah karena ia seorang yang sangat pemilih?, terlalu banyak kriteria? atau belum saatnya Allah takdirkan ia untuk menikah.

Semua jawabannya masih dicari dan bagaimana dalam 19 hari ke depan apakah sudah dapat menemukan jawaban atas ikhtiar baiknya?

Kita doakan saja semoga Reza segera menemukan pasangan yang ia impikan dan diridhai oleh Allah SWT.


Aamiin Ya Robbal'alamiiin.

0 komentar:

Posting Komentar