Selasa, 09 Februari 2021

Hari Pertama "Ketenangan Jiwa"


 Oleh: Iqbal Maulana

Hari ini adalah hari perdana Reza dalam melaksanakan amalan salat sunah Tasbih.

Reza melaksanakan salat sunah Tasbih pada waktu ba'da maghrib. Waktu di mana permulaan rembulan menutup sang mentari.

Niat yang kokoh diutarakan dengan Lillahita'ala (karena Allah ta'ala). Sebab amalan yang tidak didasarkan niat karena Allah, maka akan terasa berat dan tidak ternilai satu pahala pun di sisi Allah SWT.

Pada pelaksanaan salat tasbih di malam hari adalah dengan dua kali salam (dua rakaat salam). Sedangkan apabila dilaksanakan pada siang hari, salat tasbih dilaksanakan dengan satu kali salam yaitu empat rakaat. Hal tersebut sesuai dengan hadis yang diriwayatkan oleh Abu Daud dalam kitab hadis sunan Abu Daud No. 1105

Karena Reza melakukan pada malam hari, maka Reza melakukan salat tasbih sebanyak empat rakaat dengan dua kali salam.

Hal yang pertama kali dirasakan adalah berasa berat, karena salat tasbih adalah salat yang banyak bacaan tasbihnya, sehingga dalam satu rakaat salat, waktunya akan sedikit lebih lama dibandingkan dengan salat sunah lainnya. 

Setelah selesai melaksanakan empat rakaat salat tasbih, Reza melakukan istighfar dan berzikir, memohon ampun atas dosa-dosanya yang telah lalu. Kemudian ia melanjutkan dengan berdoa kepada Allah, agar dimudahkan segala urusannya baik dalam hal hajat dunia maupun hajat akhirat.

Kemudian Reza kembali bersiap-siap untuk melaksanakan salat isya' 

***

Pada pagi hari,  ketika Reza memulai aktifitas, Reza merasakan hatinya tenang, damai dan merasa lebih fress dari hari sebelumnya

Ia selalu menyapa dan tersenyum apabila bertemu dengan teman, dan orang yang berjumpa dengannya.

Hari ini Reza diberikan masalah di tempat ia bekerja. Masalah besar, namun Reza dapat menghadapinya dengan tenang dan tidak terbawa emosi. Hal ini tidak seperti biasanya, padahal sebelumnya Reza dikenal sebagai orang yang mudah terbawa situasi. Namun kali ini dia menghadapinya dengan santai dan biasa saja. 

Karena dia yakin bahwa dalam satu kesulitan akan ada dua kemudahan, itu sudah janji Allah SWT. Sebagaimana yang termaktub di dalam Q.S al-Insyirah[96]:5-6. Dan dia percaya bahwa semua ini berupa jalan untuk dihapuskan dosa-dosanya.

Dan alhamdulillah masalah tersebut dapat terselesaikan dengan baik. Ini semua berkat pertolongan Allah SWT.

***

Pada saat perjalanan pulang, Reza kehabisan uang untuk biaya harian. Kemudian Reza langsung berhenti di mini market untuk menuju mesin ATM dan mengambil uang. Namun pada saat transaksi, lagi-lagi Reza menghadapi satu persoalan, kartu ATM Reza tertelan mesin ATM. Untunglah uang yang diambil dapat keluar. Hanya kartu ATMnya saja yang tertelan. Kemudian Reza langsung menghubungi pihak bank untuk melaporkan kejadian tersebut, dan untuk dilakukan pemblokiran kartu ATM yang tertelan tersebut. 

Hari Pertama ini, sungguh awal yang luar biasa. Meski banyak ujian yang muncul, Jiwa Reza tetap merasakan ketenangan dan ketentraman tanpa ada rasa lelah atau menyerah.

Demikian kisah hari pertama dalam amalan 40 hari menemukan pasangan hidup dengan salat tasbih.

Kita akan lanjut di hari kedua besok.

0 komentar:

Posting Komentar