Sabtu, 27 Februari 2021

Hari Kesembilan Belas "Menjadi Penulis itu Berkah"


 Oleh: Iqbal Maulana

Mentari bersinar terbit penuh tawa.

Bunga tersenyum bermekaran menyambut hari. 

Alam bertasbih mensyukuri nikmat Ilahi.

Nikmat cinta dan kasih.


Hari ini adalah hari kesembilan belas, Reza melaksanakan ibadah salat tasbih dengan istikamah selama 40 hari.

Ramadhan tinggal menghitung hari. Bersihkan hati, diri dan raga. Dengan membersihkan ketiga hal tersebut, seseorang akan lebih bahagia dalam menyambut bulan suci dan penuh keberkahan.

Hari ini Reza memiliki motivasi yang besar dalam membuat karya tulis, ia berkeinginan menebar manfaat melalui tulisan. Tulisan yang baik adalah tulisan yang dapat memberikan kebermanfaatan bagi orang yang membacanya dan menunjukkan kepada satu kebaikan dan Allah SWT.

Manfaat menulis menurut penulis best seller Pak Cah (Cahyadi Takariawan) antaranya dapat meningkatkan hormon kebahagiaan, menyehatkan jantung, imunitas tubuh, menghilangkan stres, memperpanjang umur dan menebar kebaikan bagi orang lain.

Dari manfaat di atas Reza sangat terinspirasi dan memiliki niat yang kuat untuk dapat menebar kebaikan melalui tulisan. Tulisan tidak akan hilang dalam sejarah, tulisan akan tetap terjaga walau penulisnya telah tiada. Pundi-pundi pahala akan tetap mengalir, apabila ada orang yang membaca dan melaksanakan apa yang ada di dalam suatu tulisan.

Hidup di dunia hanya sementara, dan berbatas dengan usia. Usia manusia Indonesia pada umumnya berada dikisaran 65-89 tahun. Jika usiamu saat ini adalah 25 tahun, untuk mencapai usia minimal (65) maka masih tersisa 40 tahun, dan apabila mencapai usia maksimal (89) maka Anda masih memiliki waktu selama 64 tahun untuk dapat menebar kebaikan dan manfaat bagi manusia lainnya.

Jika kita mampu memaksimalkan waktu yang tersedia, maka Anda akan mendapatkan banyak kebaikan bagi orang banyak dan Anda telah memiliki investasi akhirat yang memadai.

Reza meyakini bahwa menulis adalah kegiatan mudah yang dapat dilakukan oleh setiap insan manusia. Tulisan yang baik adalah tulisan yang dapat menginspirasi, memberikan petunjuk hidup dan kebahagiaan.

Buktinya karya-karya ulama terdahulu sampai saat ini masih dipakai sebagai sumber hukum islam dan petunjuk dalam menjalankan kehidupan di dunia. Contohnya kitab-kitab karangan para ulama seperti, Imam Syafi'i, Imam Malik, Imam Hambali, Imam Bukhori, Imam Muslim, Abu Nawas, dan ulama lainnya. Tulisan-tulisan mereka masih dipergunakan sebagai sumber hukum ajaran Islam, yang digunakan sebagai penguat wahyu (Al-Qur'an) yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui Malaikat Jibril AS.

Walaupun mereka sudah tidak hidup namun tulisan dan pemikiran mereka masih hidup hingga saat ini. Hak tersebut sesuai dengan ungkapan dari seorang novelis Indonesia yaitu Pramoedya Ananta Toer yang menyebutkan bahwa "Jika hidupmu ingin lebih panjang dari usiamu, maka tulislah ide/gagasan yang dapat bermanfaat bagi manusia lainnya"


Wallahu'alam Bishowab

0 komentar:

Posting Komentar