Minggu, 14 Februari 2021

Hari Keenam "Bagaimana Cara Memilih Jodoh?"

 


Oleh: Iqbal Maulana

Hari ini adalah hari keenam Reza mengistikamahkan salat sunah tasbih.

Rintik hujan membasahi bumi.

Fajar tertutup awan hitam.

Mengisyaratkan hati yang sedih tak ternilai.


Pada pagi hari, setelah Reza melaksanakan kegiatan Religinya. Ia menghidupkan televisi dan menyaksikan acara Islam Itu Indah.

Reza mendapatkan ilmu baru tentang memilih jodoh yang baik. Hak dalam memilih jodoh adalah dengan melihat agamanya, salatnya, bakti kepada orang tua dan karakter baiknya terhadap sesama insan.

Sedangkan menurut Rasulullah SAW seorang yang memilih pasang hidup dengan melihat empat kriteria: pertama, lihat kecantikannya; kedua, lihat keturunan atau nasabnya; tiga, lihat kepada hartanya; empat, lihat kepada agamanya; namun pilihan yang lebih utama adalah karena agamanya, jika tidak maka kamu akan merugi (fakir). Begitulah kriteria yang telah diterangkan oleh Nabi SAW dalam hadis yang diriwayatkan oleh Bukhori dan Muslim.

Mendengar hadis tersebut hati Reza langsung merasa tersentuh dan memohon kepada Allah SWT agar dipertemukan dengan wanita yang memiliki keempat kriteria tersebut.

Sedikit nyeleneh keinginannya, tapi itu adalah suatu doa yang barang kali akan dikabulkan oleh Sang pemberi cinta, yaitu Allah SWT.

Hidup itu hanya sekali, dan mendapatkan hal yang diimpikan adalah suatu anugerah atas kasih sayang kepada hamba yang Dia cintai.

Maha Suci Gusti Allah, yang menciptakan manusia berpasang-pasangan, wanita baik untuk laki-laki yang baik, wanita sholehah untuk laki-laki sholeh. Begitulah Ayat Al-Qur'an yang telah dijelaskan dalam QS. An-Nur [24]: 26.


0 komentar:

Posting Komentar