Jumat, 11 Juni 2021

Ikhlas, Sudahkan Anda Melakukannya?

 

Ikhlas, Sudahkah Anda Melakukannya?

Oleh: Iqbal Maulana

Saya teringat sebuah kalimat yang diucapkan oleh seorang teman, ia menyatakan bahwa, ikhlas itu diibaratkan seperti kita membuang sampah, yaitu lakukan dan lupakan.

Sama juga halnya dengan melakukan tugas pekerjaan, lakukan dan lupakan. Apabila ada permasalahan di tempat kerja, maka selesaikanlah di tempat kerja, jangan dibawa ke rumah atau tempat lainnya, begitupun sebaliknya. Hal tersebut  merupakan pengaplikasian atas dua kata yang telah penulis jelaskan di atas. Dengan begitu kita akan dapat belajar tentang arti sebuah keikhlasan dan kedisiplinan.

Keikhlasan mengajarkan kita untuk tidak melulu mengharapkan balasan dari orang lain, dan tidak pula mengharapkan kebaikan sesuai dengan apa yang kita hajatkan. Sebab, ikhlas adalah suatu perbuatan baik yang hanya dikhususkan untuk Allah SWT. Adapun urusan balasannya sesuai dengan ketentuan-Nya, yang terbaik menurut-Nya dan sudah tentu telah diberikan keridaan dan keberkahan di dalamnya.

Berbeda dengan orang yang melakukan suatu perbuatan baik dengan tidak ikhlas, ia akan mudah berputus asa dan kecewa apabila harapan dan permohonannya tidak dikabulkan sesuai dengan keinginannya. Ciri orang yang tidak ikhlas adalah ia akan meninggalkan perbuatan baiknya dan berujung kepada kekafiran, karena sikap su'udzan terhadap takdir yang telah Allah berikan kepadanya.

Imam Al-Ghazali menyatakan bahwa, "Ikhlas itu adalah ketika engkau menjadikan segala amalanmu hanya untuk Allah SWT dan hati engkau tidak merasa senang dengan pujian manusia dan engkau juga tidak peduli dengan celaan mereka."

Dari ucapan Iman Al-Ghozali di atas kita memperoleh pelajaran bahwa, orang yang melakukan amal kebaikan dengan penuh rasa ikhlas, maka ia akan jauh dari rasa kecewa di dalam dirinya dan tidak mengharap balasan apapun atau merasa bahagia ketika memperoleh pujian dan merasa marah apabila mendapat celaan. Bagi orang yang ikhlas dalam beramal, mau dicela atau dipuji ia akan tetap istikamah melakukan kebaikannya, karena di dalam hatinya telah tertanam niat yang tulus hanya untuk Allah ta'ala. Jadi, ia akan tetap istikamah beramal dengan sebaik-baiknya, tanpa peduli dengan pujian atau celaan yang datang silih berganti.

Dalam sebuah kajian yang penulis dapatkan dari kelas online, penulis mendapatkan perkataan yang sangat bagus yang diucapkan oleh seorang ust. Idris Haji Ahmad, beliau menyatakan bahwa, "Ada 3 jenis hati. Pertama, hati yang bersih ia hanya ikhlas kepada Allah. Kedua, hati yang mati yakni hati yang tidak ada kehidupan dalamnya. Ketiga, hati yang hidup tetapi cacat, ia sering berlawan antara berbuat baik dan jahat".

Beliau menjelaskan bahwa, orang yang ikhlas itu adalah orang yang memiliki hati yang bersih. Hati yang bersih adalah hati yang selalu mengerjakan suatu amal salih karena Allah ta'ala, dilakukan secara berkelanjutan, tidak terpusat pada satu hajat, menerima apapun hasil yang telah ditakdirkan kepadanya dan  meyakini dengan sepenuh hati, bahwa itu merupakan hal yang terbaik untuknya.

Terakhir penulis ingin memberikan quote yang mudah-mudahan bisa memberikan motivasi dan menambahkan rasa keikhlasan dalam setiap perbuatan amal salih yang kita lakukan kepada Allah SWT.
"Jadilah orang yang paling ikhlas, bukan yang paling baik. Sebab dalam kebaikan belum tentu ada keikhlasan. Tapi orang yang ikhlas, insya Allah ada baiknya".

Motto hidup ikhlas:
"Dipuji tidak meninggi, dicela tidak terhina, beramal baik jadi hal utama."


Tangerang, 11 Juni 2021/ 01 Dzulkaidah 1442

0 komentar:

Posting Komentar