Selasa, 15 Desember 2020

Sukses Berawal dari Proses

sukses berawal dari proses
Dokumen Pribadi

Manusia adalah makhluk sosial yang memiliki akal dan pikiran. Pengalaman yang didapatkan manusia merupakan hasil dari proses pembelajaran yang akan digunakan sebagai modal untuk berproses menuju kesuksesan.

Belajar, belajar dan belajar merupakan alat yang efektif untuk digunakan sebagai media untuk mengasah soft skill dan hard skill, yang nantinya akan bermanfaat bagi diri kita maupun orang yang berada di sekeliling kita, yaitu keluarga, masyarakat maupun seluruh warga negara.

Hidup itu selalu berproses dan mengalami suatu proses. Kita dapat ambil contoh manusia yang baru lahir ke dunia. Seorang bayi yang baru lahir tidak mungkin dapat langsung berlari, tetapi dia harus melewati berbagai fase dan proses, mulai dari tengkurap, merandang, merangkak dan berjalan hingga akhirnya dapat berlari.

Begitupun dengan kesuksesan dan keberhasilan, hal tersebut harus dicapai dengan usaha dan doa. tidak bisa kesuksesan didapat dengan cara berleha-leha dan bersantai ria. Kesuksesan didapatkan oleh orang-orang yang mau berusaha, bekerja keras dan mau berproses untuk mencapai apa yang ingin dia tuju.

Tujuan ditentukan sejak awal, ketika manusia mulai beranjak remaja untuk menuju kepada fase kedewasaan, sebab pada fase tersebut, seseorang akan lebih optimal dan memahami makna tentang kesuksesan dan impian serta tujuan yang ingin ia capai pada kehidupan yang akan datang.

Proses untuk menuju kepada kesuksesan dan kejayaan sudah barang tentu harus melewati berbagai rintangan dan ujian. Seseorang yang ingin sukses harus siap menghadapi itu. Karena kita tahu bahwa, hidup di dunia itu tidaklah mudah semua perlu usaha, doa dan tawakal.

Ketiga hal tersebut menjadi modal utama dalam meraih kesuksesan. Usaha adalah suatu pengorbanan dan tindakan yang dilakukan untuk mencapai suatu tujuan agar dapat sampai kepada hal yang diimpikan.

Doa merupakan azimat yang harus dimiliki setiap insan Tuhan. karena pribahasa Arab menyebutkan bahwa, "doa tanpa usaha adalah hal yang mustahil dilakukan untuk mencapai tujuan, dan  usaha tanpa doa merupakan suatu kesombongan".

Berdasarkan pepatah di atas kita dapat mengambil ibrah atau pelajaran bahwa, jika kita ingin mencapai kesuksesan, maka lakukanlah antara doa dan usaha dengan seimbang, tidak berat sebelah atau hanya melakukan salah satunya saja, karena kedua hal tersebut merupakan faktor utama untuk mencapai kesuksesan dengan cepat dan penuh berkah ilahiyyah.


Tangerang, 16 Desember 2020

Iqbal Maulana

0 komentar:

Posting Komentar