Jumat, 18 Desember 2020

Kasih Sayang Kepada Kedua Orang Tua

kasih sayang kedua orang tua
Dokumen Pribadi

 "Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang Ibu-Bapak..." (QS. An-Nisa [4]: 36).

Orang tua adalah harta yang paling berharga yang dimiliki oleh setiap insan yang beriman dan bertakwa. Kita hidup di dunia sekarang ini adalah berkat jasa dan perjuangan kedua orang tua.

Ayah adalah seorang kepala keluarga yang bertugas mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan hidup istri dan anak-anaknya, memberikan pendidikan dan melindungi serta memberikan rasa nyaman di dalam keluarga.

Ibu merupakan wanita hebat yang memiliki tanggung jawab melayani suami, merawat dan memberikan pendidikan kepada anak-anaknya, dan menciptakan kehidupan rumah tangga yang aman, nyaman serta harmonis.

Keduanya baik Ibu maupun Ayah, bekerja sama, bahu membahu untuk memberikan pelayan dan bertanggung jawab atas terciptanya suasana rumah yang harmonis, penuh cinta kasih dan sesuai dengan ajaran Islam yaitu menjadikan keluarga yang sakinah, mawaddah dan warohmah.

Dalam kutipan ayat Al-Qur'an di atas, yaitu dalam surat An-Nisa ayat 36 menyebutkan bahwa, sebagai anak kita diwajibkan untuk berbakti kepada kedua orang tua, patuh dan tunduk atas perintah yang sesuai dengan ajaran agama.

Islam mewajibkan kita untuk berbuat baik dan mematuhi perintah kedua orang tua, selama itu tidak keluar dari syariat Islam. Namun, jika kedua orang tua mengajarkan dan menyeru kepada keburukan atau hal yang dilarang dalam agama, maka janganlah sekali-kali kamu melaksanakannya.

Kewajiban seorang anak adalah patuh dan membantu pekerjaan rumah yang bisa dibantu sebagai bentuk bakti kita kepada kedua orang tua. Hal tersebut dapat menjadikan ladang pahala yang besar bagi kita selaku seorang anak.

Hadis Nabi saw., menyebutkan bahwa ridho Allah itu terletak pada ridho kedua orang tua, dan murka Allah terletak kepada murka kedua orang tua.

Hidup itu pilihan dan kita selaku insan yang beriman, sudah barang tentu memiliki tujuan yang baik, agar kelak masuk ke dalam surga firdaus-Nya. Dengan demikian, kita selaku anak harus memiliki tekad untuk menjadi anak soleh yang dapat menjadi kebanggaan bagi kedua orang tua.

Ilmu, Iman dan Amal adalah tiga kunci kesuksesan untuk menjadi insan kamil yang dicintai oleh Allah dan Rasulnya, salah satu aplikasinya adalah berbakti kepada kedua orang tua ibu-bapak.

Demikianlah, sedikit untaian kata yang penulis dapat sampaikan semoga bisa bermanfaat dan dilakukan dengan sebaik-baiknya.


Tangerang, 18 Desember 2020

Iqbal Maulana

0 komentar:

Posting Komentar