Selasa, 15 Desember 2020

Membuka Jendela Dunia dengan Membaca

membuka jendela dunia
Dokumen Pribadi

Membaca adalah kegiatan mencari informasi dari suatu sumber baik berupa koran, majalah, buku maupun jurnal elektronik. Dengan tujuan itu maka, seseorang akan mampu memberikan suatu karya berupa tulisan, hasil pemikiran dari proses membaca tersebut.

Setelah melewati proses membaca dari berbagai sumber-sumber yang relevan dan memiliki nilai manfaat, maka langkah selanjutnya adalah menuliskan semua ide atau gagasan yang didapat dari proses membaca.

Proses menulis amatlah mudah, yang terpenting adalah seberapa besar tekad dan ketekunan kita dalam menulis. Tulis apa yang ingin Anda tulis, apa yang Anda rasakan, dengar atau pun yang Anda lihat di sekeliling Anda. Karena hal tersebut dapat menjadikan inspirasi untuk kita dapat menulis.

Membaca dan menulis adalah dua kata kerja yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Sebab, membaca merupakan alat atau media untuk menambah pengetahuan dan meminimalisir kepikunan pada diri manusia. Selain itu, dengan membaca maka Anda akan dapat membuka cakrawala ilmu pengetahuan di berbagai belahan dunia.

Dengan membaca, kita dapat mengetahui adat istiadat, bahasa dan budaya yang ada di suatu tempat tanpa perlu mendatangi daerah atau negara tersebut. karena itu merupakan manfaat dari suatu tulisan.

menulis merupakan media untuk menuangkan ide gagasan yang muncul pada diri manusia dengan menggunakan akal pikiran yang dimiliki, Anda dapat membuat rangkaian kalimat dari kata-kata yang bermutu yang dapat memberikan manfaat bagi setiap orang yang membacanya. 

Begitulah indahnya dalam menulis, kita dapat memberikan kebermanfaatan tanpa perlu bertatap muka, tanpa perlu kenal kepada orang yang menulisnya, tetapi dengan membacanya dan kita mengambil makna yang terkandung didalamnya, maka itu akan menjadi suatu amal jariyah yang tidak akan pernah putus sampai hari kiamat.


Tangerang, 15 Desember 2020

Iqbal Maulana

0 komentar:

Posting Komentar