Rabu, 30 Desember 2020

Guru Terbaik adalah Sebuah Pengalaman

Guru terbaik adalah suatu pengalaman
Dokumen Pribadi

Pengalaman adalah guru terbaik dalam kehidupan

Pernahkah Anda mendengar pribahasa 'orang tua itu sudah banyak makan asam garam kehidupan'. Makna tersebut secara implisit memberikan informasi kepada kita bahwa, orang tua itu sudah banyak mengalami dan menjalankan kehidupan dengan ribuan pengalaman.

Pengalaman itu seperti dua sisi mata uang yang berbeda. Terkadang kita mendapatkan pengalaman yang baik, namun tak jarang pula kita mengalami pengalaman yang buruk. Keduanya bisa kita ambil ibrah dan bahan evaluasi, agar ke depannya menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Pemuda seharusnya memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, mencari ilmu pengetahuan dan memperbanyak pengalaman. Pengalaman itu didapatkan melalui keikutsertaannya dalam organisasi, baik itu organisasi yang berada di lingkungan sekolah, kampus, maupun komunitas masyarakat. 

Peran aktif pemuda sangatlah dibutuhkan untuk kemajuan suatu bangsa dan negara. sebab pemuda adalah generasi masa depan Bangsa atau lebih dikenal dengan kata agent of change. Oleh karenanya, sudah selayaknya sebagai anak muda kita harus mau belajar dan memaksimalkan waktu dengan mencari dan menggali potensi yang ada pada diri.

Allah swt menciptakan akal, panca indera dan potensi kepada setiap manusia. Manusia yang bersyukur atas nikmatNya, ia akan menggunakan ketiga hal tersebut dengan sebaik-baiknya untuk mendapatkan pengalaman dan menebar kebermanfaatan bagi sesama manusia.

Hal tersebut sesuai dengan kata mahfuzat yang berbunyi 'Khairannas anfa'uhum Linnas', artinya adalah sebaik-baik manusia adalah ia yang mampu memberikan manfaat bagi sesama manusia. Menebar kebermanfaatan salah satunya bisa berupa pengalaman.

Dengan pengalaman kita dapat berbagi informasi dan ilmu pengetahuan kepada generasi berikutnya. Generasi muda yang baru tumbuh dan berkembang, yaitu individu yang sedang mencari passion dan purpose yang ada dalam dirinya.

Semoga kita termasuk kepada golongan pemuda yang mau belajar dan mengembangkan diri dengan berbagai pengalaman-pengalaman yang positif, guna mewujudkan cita-cita suatu bangsa untuk mensejahterakan dan memajukan kehidupan bangsa.


Tangerang, 30 Desember 2020
Iqbal Maulana

0 komentar:

Posting Komentar