Sabtu, 24 April 2021

Sepuluh Awal Ramadhan: Maghfirah


Oleh: Iqbal Maulana

Ramadhan mubarak. Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan rahmat, ampunan dan keberkahan dari Allah SWT.

Bulan Ramadhan pula merupakan bulan yang paling dinanti kehadirannya oleh seluruh umat muslim di seluruh dunia.

Pada pukul 16.00-18.00 WIB di akhir bulan Sya'ban Kementerian Agama RI, Majelis Ulama Indonesia dan perwakilan ormas-ormas Islam di seluruh Indonesia, menggelar sidang Isbat untuk penentuan awal Ramadhan 1442 H. Metode yang digunakan oleh Kementrian Agama RI adalah dengan rukyatul hilal (melihat bulan sabit).

Masyarakat muslim Indonesia bersyukur dengan mengucapkan kalimat "Alhamdulillahirrobbil'alamiin". Kemudian mereka berduyun-duyun menuju surau untuk melaksanakan salat tarawih berjama'ah.

Marhaban ya Ramadhan, marhaban ya Syahrush Shiaam. Selamat datang bulan Ramadhan, selamat datang bulan puasa. Tangis, tawa, dan rasa bahagia terlihat pada wajah-wajah orang beriman, yang didatangi oleh bulan yang mulia, yaitu bulan suci Ramdhan.

Arifin seorang anak yang selalu bahagia dan bersemangat dalam menyambut bulan mulia nan penuh berkah. Arifin setiap tahun selalu mengikuti kegiatan Tarhib Ramadhan yaitu dengan mengikuti pawai obor keliling kampung.

Ramadhan tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, meskipun telah diizinkan oleh pemerintah dalam melaksanakan kegiatan keagamaan di masjid, masyarakat diharuskan mematuhi semua PROKES yang telah digaungkan oleh kementerian kesehatan dan WHO. Seperti, menjaga jarak, memakai masker dan membawa sajadah masing-masing dari rumah.

Ramadhan tahun 2021 lebih baik dari tahun 2020, di mana Ramdhan 2020 pemerintah benar-benar melarang kegiatan keagamaan seperti salat tarawih berjamaah di masjid. Sedangkan pada tahun 2021 pemerintah memperbolehkan untuk melaksanakan salat tarawih berjamaah di masjid.

Arifin dan teman-temannya sangat antusias dalam melaksanakan setiap amal kebaikan di bulan yang penuh berkah, seperti salat tarawih berjamaah, kegiatan membangunkan sahur masyarakat komplek, dan berbagi takjil untuk berbuka puasa.

Arifin adalah anak yang paling aktif di lingkungan tempat tinggalnya, dia juga sering mengumandangkan adzan di masjid untuk memanggil jamaah menuju masjid dan melaksanakan salat berjamaah.

Semoga Arifin selalu diberikan kesehatan, keberkahan, sehingga dapat terus menebar kebaikan kepada setiap masyarakat luas, khususnya yang berada di lingkungan sekitar tempat tinggal Arifin.

Sepuluh hari pertama yang Allah turunkan kepada umatnya di bulan Ramadhan adalah Maghfiroh, atau kasih sayang Allah berupa ampunan atas setiap dosa-dosa yang dilakukan oleh umatnya. Ampunan Allah itu akan diturunkan kepada umatnya yang selalu melaksanakan ibadah puasa dan amal kebaikan lainnya sejak awal Ramadhan hingga sepuluh hari pertama.


Wallahu'alam bishowab


0 komentar:

Posting Komentar