Minggu, 23 Januari 2022

Sosialpreneur Modal Utama Berdaya dan Bermartabat

 

Sosiocultural Iqbal Maulana

ALMI Banten- Politik merupakan praktik sosial yang bertujuan untuk pemberdayaan masyarakat, bukan hanya transaksi kekuasaan semata. Oleh karena itu, pentingnya dalam mengubah stigma masyarakat yang menganggap bahwa politik merupakan transaksi kekuasaan yang bengis dan kotor.

Dalam karakter berpolitik anak muda ada dua tipe karakter, di antaranya:
  1. Mengubah diri demi kontestasi politik
  2. Mengubah politik demi prinsip pemberdayaan masyarakat.
Tipe kedua adalah karakter yang harus dimiliki oleh setiap aktor pemuda saat ini. Tujuannya sangat jelas untuk memberikan kebermanfaatan dan dampak positif yang lebih luas bagi masyarakat.

Sosiopreneur harus memiliki dampak yang terukur dan berkelanjutan, tidak hanya kegiatan yang dilakukan secara musiman. Sosiopreneur harus memiliki visi misi, impak, kontiunitas yang terus berinovasi untuk mengalahkan stigma masyarakat terhadap money politik.

Pemberdayaan masyarakat dengan memberikan kontribusi berupa memperkenalkan ide atau gagasan yang bermanfaat besar bagi pemuda bangsa untuk meningkatkan kompetensi diri agar mampu bersaing dan berdaya di era yang disrupsi.

Terakhir, memiliki sesuatu yang dapat disampaikan atau dilakukan kepada masyarakat secara berkelanjutan, agar tidak muncul stigma masyarakat bahwa melakukan sosiopreneur hanya untuk kontestasi politik semata.

Selagi muda tempa diri dengan ilmu dan pekerjaan yang sulit. Jangan takut terjatuh, mundur selangkah untuk meloncat lebih tinggi terkadang harus dilakukan untuk mendapatkan hasil terbaik. Dan bekerjalah di waktu sunyi untuk mendapatkan hasil berkualitas dan keikhlasan.

0 komentar:

Posting Komentar