Minggu, 28 November 2021

PROPESA V & STUDIUM GENERAL STIT YA'MAL TANGERANG 2021

PROPESA V DAN STADIUM GENERALE 2021 STIT YA'MAL TANGERANG

Tangerang, 27-28 November 2021. Bertempat di auditorium H. Kamdjah STIT Ya'mal Tangerang. Kegiatan PROPESA V & STUDIUM GENERAL 2021 dilaksanakan.

Program Pengenalan Studi dan Almamater (PROPESA) V dan Studium General 2021 STIT Ya'mal Tangerang 2021 merupakan program yang diadakan setiap setahun sekali. Tujuannya adalah untuk memperkenalkan program studi dan lingkungan kehidupan kampus, seperti: sarana dan prasarana kampus, kegiatan organisasi, dan tenaga pengajar (Dosen).

Pada kesempatan kali ini yang menjadi Narasumber dalam kegiatan Studium General 2021 yaitu Prof. Dr. H. M. Darwis Hude, M.Si. Beliau adalah Direktur Program Pascasarjana PTIQ Jakarta.

Pada kegiatan itu Prof. Darwis menyampaikan materi Studium General mengambil tema "Peran Mahasiswa dan Sarjana Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Menghadapi Era Disrupsi"

Dalam pemaparannya Prof. Darwis menghimbau kepada para Mahasiswa dan Sarjana PAI agar dapat dilakukan penguatan dalam diri dengan penguasaan ICT (ilmu komunikasi dan teknologi), tidak menutup diri dalam menerima dan belajar hal-hal baru. Hal tersebut berguna untuk menghadapi era disrupsi.

PROPESA V DAN STADIUM GENERALE 2021

Prof. Darwis juga memberikan sembilan tips dan trik bagi calon mahasiswa dan sarjana Pendidikan Agama Islam dalam menghadapi era disrupsi, yaitu:

  1. Visi misi robbaniyyah (untuk mendapat ridho Allah)
  2. Ikhlas melakukan sesuatu sesuai dengan ajaran agama sama antara isi hati dn praktik)
  3. Super sabar
  4. Benar 
  5. Harus haus ilmu dan menguasai ICT
  6. Mampu memengaruhi murid
  7. Memahami psikologis murid-muridnya.
  8. Mengantisipasi perkembangan dan tren masa depan
  9. Berlaku adil terhadap semua.
Selain dari itu Prof. Darwis pun memberikan beberapa penguatan bagi mahasiswa dan sarjana PAI dalam menghadapi era disrupsi. Penguatan dalam menghadapi era disrupsi, antara lain:

  1. Penguasaan bidang ilmu dengan sabar, tekun dan interdisiplin (mengajarkan agama dengan disiplin ilmu lain).
  2. Penguasaan ICT, komputer dan aplikasi-aplikasi terkait dengan keahlian, dunia terintegrasi dalam genggaman.
  3. Kreativitas, tidak selalu mengikuti pakem/pola dan berpikir lateral (berpikir di luar biasanya, berani melakukan diluar kebiasaan pada umumnya).
  4. Kolaborasi, bersinergi, (ta'aruf, ta'awun, tafakul, tadhamun), super team.
Sebagai penutup beliau memberikan motivasi kepada seluruh mahasiswa STIT Ya'mal Tangerang untuk selalu belajar, berkembang, berkolaborasi serta bersinergi untuk dapat tetap eksis di era disrupsi dan dan memiliki kemampuan yang baik dalam menghadapi generasi Z dan Alpa yang memiliki perbedaan karakter serta gaya belajar dengan generasi sebelumnya.

PROPESA V DAN STADIUM GENERALE 2021 STIT YA'MAL TANGERANG


PROPESA V DAN STADIUM GENERALE 2021 STIT YA'MAL TANGERANG

 

1 komentar: