Minggu, 03 Januari 2021

Pemimpin Teladan Umat

Pemimpin Teladan Umat
Dokumen Pribadi

"Jika kalian ingin menjadi pemimpin besar, menulislah seperti wartawan dan bicaralah seperti orator" 
~HOS Tjokroaminoto~

Pemimpin adalah seorang yang diberikan amanat untuk memimpin umat, rakyat, dan berbagai organisasi.
     
Tingkat terendah dari kepemimpinan adalah memimpin diri sendiri. Hal ini sesuai dengan hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari yang berbunyi:

"Setiap kalian adalah pemimpin, dan setiap pemimpin akan ditanya tentang kepemimpinannya. Seorang penguasa adalah pemimpin dan akan ditanya tentang kepemimpinannya (pertanggungjawabannya). Seorang lelaki adalah pemimpin dalam keluarganya dan akan ditanya tentang kepemimpinannya. Seorang wanita adalah penanggung jawab dalam rumah suaminya dan akan ditanya tentang tanggung jawabnya. Seorang pelayan adalah penanggung jawab dalam harta majikannya dan akan ditanya tentang tanggung jawabnya." (Shahih Bukhari: 893).


Berdasarkan hadis Nabi tersebut, kita dapat mengetahui bahwa setiap dari kita itu adalah pemimpin, dan setiap pemimpin akan dimintai pertanggungjawaban atas apa yang dipimpinnya.

Seorang pemimpin seharusnya memiliki karakter positif dan mengayomi setiap orang yang dipimpinnya. Memberikan tauladan, rendah hati, dan penuh dengan tanggung jawab.

Kita dapat mengambil hikmah dari kepimpinan Nabi Muhammad saw dan para sahabatnya, di mana mereka adalah para pemimpin kharismatik, yang penuh dengan keteladan bagi umat manusia.

Karakteristik kepemimpinan Nabi Muhammad saw, beliau adalah pemimpin yang mengedepankan akhlak mulia, sosok yang adil dalan menegakkan hukum, dan memiliki empat sifat terpuji yang dianugerahi Allah kepadanya, yaitu Shiddiq, Amanah, Tabligh dan Fathanah

Akhlak mulia yang  ia miliki adalah kasih sayang terhadap sesama manusia. Kasih Sayangnya tidak hanya kepada orang-orang yang kuat, melainkan kepada orang-orang yang lemah, yang membutuhkan perlindungan dari seorang pemimpin.

Nabi Muhammad saw juga dikenal sebagai pemimpin yang adil, Ia tidak pernah pandang bulu terhadap orang yang telah melanggar hukum. Sekalipun itu anak kandungnya, jika memang ia bersalah maka akan dihukum sesuai dengan hukum yang berlaku pada masa itu.

Ada salah seorang yang bertanya kepada penulis, apakah ada sosok pemimpin seperti Baginda Nabi Muhammad saw pada saat ini?

Jawabannya ada, hanya saja tidak banyak. Sebab kepemimpinan pada zaman sekarang lebih mementingkan dirinya dan keluarganya, ketimbang memberikan pelayanan kepada rakyat yang  dipimpinnya.

Mari kita berdoa kepada Allah semoga para pemimpin di negeri kita semuanya menjadi pemimpin yang adil bijaksana, dan membuat kebijakan-kebijakan yang lebih mengayomi kepada rakyat kecil, sehingga dapat mewujudkan cita-cita bangsa, yaitu mensejahterakan kehidupan bangsa.


Tangerang, 3 Januari 2021
Iqbal Maulana

0 komentar:

Posting Komentar