Sabtu, 02 Januari 2021

Kisah Perjuangan 2020


Kisah Perjuangan 2020
Dokumen Pribadi


Hari Kemarin adalah kisah yang dijadikan pengalaman
Hari ini adalah perjuangan hidup yang harus dijalankan
Hari Esok adalah harapan dan impian yang akan diwujudkan
~Iqbal Maulana~

    Tahun 2020 memberikan cerita dan pengalaman yang sangat berharga. Di mana awal tahun 2020, Indonesia dilanda pandemi covid-19. Hal tersebut memaksa seluruh warga manusia untuk beradaptasi menjalani hidup dengan kebiasaan baru.

     Kebiasaan baru tersebut adalah berupa selalu melaksanakan 3M (memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, dan menjaga jarak), selain itu kita diajarkan untuk bekerja dari rumah (WFH), belajar dari rumah (BDR), dan menahan diri untuk tidak berkerumun.

     Untuk penulis sendiri, tahun 2020 memiliki sejarah perjuangan yang sangat luar biasa, di antaranya, harus melaksanakan tugas akhir skripsi dengan sistem online, bimbingan skripsi online dan menyebarkan angket dengan metode online. semuanya dilakukan dengan sistem online. 

    Di awal hal tersebut membuat diri penulis hampir frustasi. Namun, berkat doa dan dukungan yang diberikan oleh teman, sahabat, kedua orang tua dan saudara-saudara, akhirnya penulis mencoba untuk bangkit dan berusaha untuk memberikan hasil terbaik bagi diri sendiri dan orang terdekat.

    Pertengahan 2020, akhirnya penulis dapat menyelesaikan tugas akhir skripsi dengan tuntas, dan bersyukur atas nikmat dan kemudahan yang diberikan olehNya. Sehingga ini menjadi sejarah perjuangan yang luar biasa, dan menjadikan awal dari perjuangan yang sesungguhnya yaitu mengabdi dan bermanfaat bagi lingkungan masyarakat. 

     Meskipun dikatagorikan sebagai 'Lulusan Jalur Corona', penulis dan alumni yang lainnya mendapatkan pengalaman yang sangat berharga yaitu bagaimana tetap berjuang dan produktif meski dalam keterbatasan ruang.

     Penulis sangat bersyukur atas karunia dan nikmat yang diberikan Allah swt di tahun 2020, sekali melompat dua pulau terlampaui. Hal tersebut, dikarenakan tahun 2020 penulis diberikan kesempatan untuk berkarya dalam dunia tulis dan kepenulisan. yaitu dengan menghasilkan karya yang mudah-mudahan dapat memberikan kebermanfaatan bagi setiap orang yang membacanya.

      Beberapa Karya yang dihasilkan selama tahun 2020, sekaligus menjadi awal yang baik untuk menyalurkan hobi penulis dan menjadi jalan kebaikan bagi sesama manusia:

1.  Menuntaskan tugas akhir Skripsi dengan judul "Pengaruh Penggunaan Media Teknologi Pendidikan Audio Visual terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VIII di SMP Negeri I Kemiri Kab. Tangerang Banten

kisah perjuangan 2020
Skripsi 'Pegaruh Penggunaan Media Teknologi Pendidikan Audio Visual terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VIII di SMP Negeri I Kemiri Kab. Tangerang Banten'

2.   Menerbitkan Buku bersama Guru-Guru Hebat dalam Komunitas Sahabat Kalimat, yang dipelopori Oleh Bapak Ade Zaenudin, MA dengan buku Antologi Guru Menulis bertema "My Inspiration"

 

kisah perjuangan 2020

kisah perjuangan 2020
Antologi Guru Menulis 'My Inspiration'

3.   Mendapatkan ilmu baru tentang kepenulisan fiksi yaitu berupa Cerpen dan Puisi. dan pada bulan September 2020, sekaligus sebagai hadiah ulang tahun penulis yang ke-26, yaitu menerbitkan buku Antologi Cerpen Dinamis yang berjudul "Saat Pandemi Menyapa Cinta". Penerbitan buku ini diprakarsai oleh Gol A Gong seorang sastrawan yang memiliki ratusan karya yang sangat legendaris pada masanya.

 

kisah perjuangan 2020
Antologi Cerpen Dinamis 'Saat Pandemi Menyapa Cinta'


4.  Di akhir tahun 2020 tepatnya di bulan Desember penulis berkesempatan mengikuti kolaborasi bersama dengan organisasi Ikatan Guru Indonesia Kabupaten Tangerang, untuk menerbitkan suatu buku dengan genre Cerpen Kisah Inspiratif yang bertemakan "21 Kisah Penggugah Jiwa". Buku ini dimentori oleh Bapak Ridwan Nurhadi.

 

Kisah perjuangan 2020

kisah perjuangan 2020
Antologi Cerpen Inspirasi '21 Kisah Penggugah Jiwa'


    Hadza Min Fadli Rabbi, ini semua adalah karunia dari Allah swt, meski di tahun 2020 diberikan ujian berupa wabah pandemi Corona Virus Disease (Covid-19), namun Allah memberikan kemudahan dan kelancaran dalam setiap kegiatan yang penulis lakukan.

     Selamat tinggal tahun perjuangan, terima kasih atas pembelajaran dan pengalaman yang telah diberikan kepada penulis. Fuji syukur kepada Allah swt, penulis ucapkan atas karunia dan rahmatNya. Karena tanpa campur tangan kekuasaanNya, tidak mungkin penulis bisa menghadapi tahun sulit ini dengan baik.

     Dan Semoga di tahun 2021, menjadi tahun keberuntungan bagi penulis untuk semakin berkontribusi nyata di dunia kepenulisan, yaitu dengan menerbitkan buku-buku solo. Sehingga penulis dapat memberikan kebermanfaatan bagi setiap orang yang membacanya.


Tangerang, 02 Januari 2021
Iqbal Maulana

0 komentar:

Posting Komentar