Rabu, 08 Desember 2021

Tanda Baca, Komunitas Pecinta Baca Buku

 

Iqbal Maulana dan Perpustakaan Tanda Baca

Tanda Baca adalah komunitas pendidikan yang bergerak dalam bidang literasi. Kepedulian para pemuda pinggiran kota yang memiliki cita-cita luhur yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa.

Literasi di era revolusi industri 4.0 merupakan cara penting dalam mengikuti alur perkembangan zaman. Tanpa berliterasi, seseorang akan tertinggal jauh dengan era disrupsi yang penuh dengan tantangan serta kecanggihan teknologi.

Oleh sebab itu, komunitas Tanda Baca memiliki inisiatif yang luar biasa, semangat muda yang ingin memberikan sumbangsihnya dalam mencetak generasi emas Indonesia kedepan.

Komunitas tanda baca, selain hal di atas. Hal yang melatarbelakangi terciptanya perpustakaan mini Tanda Baca ini adalah tentang kurang pekanya seseorang terhadap sebuah tulisan yang disajikan.

Di mana hal itu terjadi karena ada salah satu anggota grup WhatsApp yang membagikan sebuah paragraf panjang yang berisi semua pemberitahuan dan pengalaman. Namun, ada seorang anggota grup yang lain yang menanggapi dengan mengajukan pertanyaan tentang sebuah informasi yang telah dibagikan di atas tanpa ia membaca dengan seksama.

Akhirnya, sang founder Tanda Baca (Firman dkk.) merasa miris melihat fenomena tersebut, yaitu adanya anggota grup yang kurang berliterasi di era digital yang cukup pesat perkembangannya ini.

Akibat hal itu, founder Tanda Baca (Firman dkk.) memiliki ide cemerlang dengan membuat sebuah perpustakaan mini guna memberikan wadah bagi generasi Z dalam mengahadapi era disrupsi dan revolusi industri 5.0 (Era Society).

Iqbal Maulana dan Perpustakaan Tanda Baca

Saya sangat bangga melihat semangat anak-anak muda yang memiliki kegigihan dan kesungguhan dalam membangun generasi emas Indonesia untuk kemajuan bangsa Indonesia di masa yang akan datang.

Penulis akhirnya memiliki hasrat untuk membantu dengan memberikan donasi berupa dua buku yaitu, Antologi Kisah Inspiratif Wiyata Amarta dan Candramawa. Itu merupakan sedikit hal kecil yang dapat penulis berikan untuk membantu kemajuan komunitas Tanda Baca dalam menjalankan cita-cita besarnya tersebut.

Bagi teman-teman yang ingin berdonasi buku juga, kalian bisa langsung mengunjungi akun Instagram komunitas Tanda Baca yaitu @tandabaca.buku.

1 komentar: